Minggu, 04 Januari 2015

TANAMAN ISTIMEWA PENCEGAH PENCEMARAN UDARA


           Tanaman meupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida. Hal ini dilakukan oleh tanaman ketika tanaman sedang melakukan proses fotosinesis. Tentu saja hal ini sangat baik untuk mencegah pencemaran udara. Berikut ini ada beberapa tanaman yang memiliki keistimewaan dalam menyerap karbon dioksida antara lain :



1.       Terembesi

Tanaman terembesi lebih dikenal dengan sebutan pohon hujan  ini merupakan pohon berkanopi  seperti payung yang memiliki ukuran daun yang sangat kecil yaitu sebesar koin rp 100. Namun,pohon terembesi memiliki daya serap CO2 yang sangat besar sehingga sangat efektif untuk mencegah pencemaran udara yang di sebabkan oleh CO2.
Sebuah penelitian di institut pertanian bogor telah membuktikan bahwa pohon terembesi mampu menyerap 28,5 ton gas CO2 .



    2. Beringin                  
Tanaman beringin merupakan tanaman yang memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap polusi udara yang berupa CO2 dan timbal hitam di udara. 

3. Bambu
Bambu merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman yang tumbuh secara liar dan alami. Tanaman bambu dapat mengurangi pencemaran udara karena tanaman bambu mampu menyerap   lebih banyak karbon dioksida daripada pepohonan pada umunya   serta dapat memproduksioksigenlebih banyak. 




Oleh karena itulah alangkah lebih baik apabila kita menanam ketiga tanaman diatas sehingga mampu menyerap pencemaran udara. Dan secara otomatis udara yang kita hirup pun akan menjadi lebih menyehatkan.

Artikel selanjutnya strategi melestarikan hutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami