Minggu, 08 Februari 2015

Seandainya bumi bisa bicara



Bumi merupakan tempat hidup berbagai jenis makhluk hidup termasuk hewan,tumbuhan dan manusia. Manusia sebagai kalifah di bumi mempunyai kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan bumi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan lingkungan sehingga manusia dapat mengelola sumber daya alam yanghan hidup manusia. telah di sediakan oleh alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun,terkadang tanpa kita sadari seringkali kita mlakukan hal hal yang dapat mengancam kelestarian lingkungan di bumi. Beberapa tindakan yang dapat mengancam kelestarian lingkungan di bumi antara lain : membuang sampah sembarangan,mencuci pakaian dengan menggunakan deterjen di sungai, menebang pohon d hutan secara liar,menangkap ikan menggunakan pukat harimau, mendirikan banyak pabrik sehingga mengurangi daerah resapan air,mengurangi lahan pertanian,dan menimblkan polusi udara. Tanpa kita sadari kita telah melakukan hal hal tersebut dalam kehidupan sehari hari . sayangnya sering kali kita menganggap semua hal tersebut sebagai hal yang wajar. Sehingga kita sering bahkan selalu melakukan hal hal yang dapat mengancam kelestarian lingkungan di bumi.
Wahai para pembaca yang baik hati, coba kita bayangkan seandainya bumi bisa bicara, mungkin bumi akan bicara seperti ini :
                “Aku telah menumbuhkan berbagai macam tanaman di atas tanahku untuk memenui kebutuhan hidup mausia. Namun sebagai balasannya manusia menebangi seluruh pohonku hingga hutanku menjadi gundul. Apakah manusia tidak berpikir akan bahaya banjir dan  tanah longsor yang akan membahayakan kehidupan mereka?”
                “Aku telah menyediakan banyak ikan di laut untuk mencukupi kebutuhan makanan manusia. Namun,sebagai balasannya manusia menangkap ikan ikanku dengan pukat harimau. Dan tak jarang pula manusia membuang sampah dilautku. Apakah manusia tidak memikirkan bahaya air laut yang tercemar dan beracun?”
                “Aku telah menghembuskan udara untuk kelangsungan hidup manusia. Namun,sebagai balasannya manusia mencemari udaraku dengan asap pabrik dan asap kendaraan bermesin. Apakah manusia tidak  berpikir bahwa pencemaran udara dapat menyebabkan lubang ozon dan  pemanasan global yang membahayakan kehidupan di bumi?”
                Coba kita bayngkan apa jadinya jika bumi bisa bicara seperti itu? Masihkah kita melakukan hal hal yang dapat mengancam kelestarian lingkungan di bumi? Ataukah kita semakin sadar  akan pentingnya menjaga kelestarian di bumi.?

                Apabila kita memang sudah benar benar sadar akan pentingnya menjaga kelestarian di bumi maka mari kita bersama sama menghindari hal hal yang dapat mengancam kelestarian lingkungan di bumi.  Mari kita jaga kelestarian lingkungan di bumi karena jika kita menjaga kelstarian lingkungan di bumi maka kita pula yang akan menikmati manfaatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami