Sabtu, 07 Februari 2015

Menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman




Sekolah merupakan tempat kita untuk mencari ilmu yang tentunya akan kita manfaatkan sebagai bekal di masa depan. Supaya kita bias mendapat ilmu secara maksimal pastinya kita membutuhkan suasana sekolah yang nyaman kan?
Namun,pada kenyataannya sering kali kita temui  beberapa siswa yang suka membuang sampah sebarangan, mulai di laci,di bawah bangku dan di halaman sekolah. Padahal di sekolah kan sudah ada tata tertib yang mewajibkan seluruh warga sekolah untuk menjaga kebersihan sekolah. Namun, tetap saja ada siswa yang membuang sampah sembarangan.
Nah, kalau sudah begitu lingkungan kelas menjadi kotor. Sehingga kegiatan belajar mengajar terganggu oleh bau sampah yang berserakan di mana mana. Dan akhirnya kegiatan belajar mngajar menjadi tidak nyaman sehingga ilmu yang di dapatkan pun menjadi kurang maksimal deh. Nah, gara gara beberapa siswa yang membuang sampah akhirnya semua teman teman kita merasakan dampak negatifnya kan ? kan kasihan ?
Nah, maka dari itu kita harus menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman. Ada beberapa cara yang bisa  kita lakukan untuk Menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman antara lain :



Sebenarnya membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang sang mudah sekali. Bahkan anak TK pun mampu melakukannya. Masa kita yang sudah SMA atau pun yang sudah dewasa nggak bias membuang sampah pada tempatnya? Kan malu sama anak TK yang sudah membuang sampah p;ada tempatnya. Sebenarnya kita semua mampu mmbuang sampah pada tempatnya. Namun, mengapa kita masih sering membuang sampah sembarangan ??  jawabannya pasti karena kurangnya kesadaran diri tentang betapa pentingnya membuang sampah pada tempat. Kurangnya kesadaran diri itulah yang membuat kita membuang sampah di sembarang tempat.
Lalu bagaiman cara agar kita punya kesadaran diri? Ya, jawabnya adalah kita harus menyadari pentingnya dan manfaat menjaga kebersihan. Coba anda pilih mana membuang sampah sembarangan,lalu kegiatan belajar mengajar jadi tidak nyaman karena terganggu oleh bau sampah. Sehingga kita mendapat nilai jelek saat ulangan karena bau sampah mengganggu konsentrasi kita saat pelajaran dan saat ulangan. Lalu kita di tegur sama orang tua karena kita mendapat nilai yang jelek.
Atau kita pilih membuang sampah pada tempatnya, lalu kita belajar dengan nyaman dan penuh konsentrasi saat pelajaran maupun saat ulangan sehingga kita mendapatkan nilai baik dan orang tua akan bangga kepada kita? Jika anda memilih pilihan kedua maka syaratnya sangat mudah sekali yaitu jagalah kebersihan lingkungan sekolahmu dengan cara membuang sampah sembarangan.

Di setiap kelas pasti sudah di bentuk tugas piket. Setiap siswa hanya piket satu kali dalam seminggu.     Sebenarnya ini adalah hal yang sangat mudah dan efektif untuk menjaga kebersihan kelas kita. Namun,         sering kali kita temui teman kita atau bahkan kita sendiri malas untuk piket. Sehingga kelas menjadi kotor     dan mengganggu kenyamanan saat   kegiatan belajar mengajar.
Sebenarnya solusinya sangat mudah kok. Laksanakan piket kelas sesuai dengan jadwalnya, dan  bagilah tugas piket. Ada yang menyapu, ada yang membersihkan papan tulis,mnyiram bunga dan lain lain.     Apabila kita menerapkan hal itu maka kita pasti dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan     nyaman , penuh konsentrasi dan hasilnya juga akan maksimal                                                                                                                                                    
              Ada beberapa pohon yang dapat menyerap CO2 seperti beringin,terembesi dan bamboo. Namun, yang biasanya sering di tanam di sekolah adalah pohon beringin. Maka kita pihak sekolah pun dapat menanam pohon beringin di sekolah. Selain itu di sekolah juga bias ditanami pohon mangga,pohon jeruk,pohon jambu,pohon kelengkeng, tanaman bunga hias dan lain lain. Sehingga selain membuat udara menjadi bersih juga bias membuat sekolah menjadi indah dan nyaman.
Jadi, sudah siapkah kita menikmati kenyamanan di sekolah? Jika jawabannnya siap maka mari kita bersama sama menerapkan 3 langkah mudah yang telah di bahas tadi. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami